Tugas Sie Acara Untuk Event Buka Bersama

Tugas Sie Acara Untuk Event Buka Bersama - Halo sahabat muslim, di bulan suci Ramadhan, tentu sering kali kita mengadakan kegiatan buka bersama, entah dengan teman sekolah, teman kuliah, teman kerja, keluarga, organisasi, dan lain-lain.

Untuk melaksanakan acara buka bersama agar tidak hanya menjadi wacana, terutama saat ingin buka bersama yang diadakan oleh suatu organisasi, tentu membutuhkan kepanitiaan yang lebih banyak dibandingkan dengan buka bersama keluarga atau teman.

Jika ingin buka bersama keluarga tentu tidak perlu membutuhkan kepanitiaan, sedangkan buka bersama teman lama mungkin hanya membutuhkan beberapa orang yang peduli untuk memesan tempat dan menagihi iuran.

Akan tetapi, untuk buka bersama yang dilaksanakan oleh suatu organisasi, tentu membutuhkan susunan kepanitiaan yang lebih kompleks, apalagi jika acara buka bersama yang akan dilaksanakan dengan cukup meriah, misalnuya dengan memberikan acara santunan kepada anak-anak yatim, ngabuburit dengan acara yang diisi maulidhatul khasanah, atau acara lain yang mendukung acara pengisi sebelum buka puasa dilaksanakan.

Panitia yang dibutuhkan dalam acara yang disebutkan di atas, kurang kebih adalah sebagai berikut :
1. Ketua Pelaksana
2. Pengurus Harian (Wakil, Sekretaris, Bendahara, dll)
3. Sie Acara
4. Sie Humas
5. Sie Konsumsi
6. Sie Perkap
7. Sie Publikasi dan Dokumentasi
8. Dan bisa ditambahi lagi menyesuaikan kebutuhan

Nah, dari susunan kepanitiaan di atas, Sie Acara lah yang mengatur dan mengondisikan seluruh komponen dalam acara yang akan dilaksanakan.

Mungkin sering kali kamu mendengar temanmu yang mengeluh saat masuk ke sie acara pada suatu kegiatan yang ia ikuti, atau bahkan kamu sendiri pernah mengeluh mengenai hal itu?

Memang, banyak yang bilang kalau tugas sie acara itu yang berat, tapi perlu kita ketahui temen-temen, dengan mengikuti kepanitiaan dan masuk ke dalam sie acara, tentu di sana kita akan mengalami benturan dari apapun, entah kebingungan saat mengatur waktu ketika mengetahui ternyata jadwal acara molor, bingung mencari pengisi materi, bingung mencari siapa yang akan menjadi mc, ataupun terkena semprot (nyinyiran) dari orang lain yang menilai buruk pada acara yang sudah dilaksanakan.

Namun, dari benturan yang lumayan banyak ini, kita bisa belajar menjadi orang yang perfectionis, menjadi orang yang tangguh akan nyinyiran orang lain, menjadi orang yang pandai dalam memanajemen waktu, dan menjadi orang yang lebih baik dlam berkomunikasi, serta menjadi orang yang memiliki banyak relasi.

Kok bisa kita menjadi lebih baik dalam komunikasi dan banyak memiliki relasi?
Tentu saja bisa. Dengan menjad sie acara, tentu kita akan berkoordinasi dengan semua sie dalam kepanitiaan tersebut, termasuk juga ketua pelaksana.

Sebagai contoh, ketika kamu masuk ke dalam sie acara, dan acara yang akan kamu adakan adalah Buka Bersama yang diisi pengajian akbar, dimulai setelah sholat ashar, misalnya.

Pasti kamu akan berkoordinasi dengan sie perkap untuk menyiapkan panggung dan tempat peserta yang akan datang di acaramu, tentu kamu akan berkoordinasi dengan sie konsumsi untuk menyiapkan konsumsi bagi orang-orang yang menghadiri acaramu termasuk untuk pengisi acara, tentu kamu akan berkoordinasi dengan sie publikasi dan dokumentasi untuk menyebarluaskan dan mendokumentasi acara yang akan kamu laksanakan, tentu kamu akan berkoordinasi dengan sie humas yang akan menghubungi pengisi acara yang kamu mau, dan tentunya kamu akan berkoordinasi dengan ketua pelaksana untuk mendapatkan persetujuan atas acara yang kamu inginkan.

Memang sie acara banyak untuk melakukan koordinasi dengan semua kepanitiaan, oleh karena itu, manfaat yang di dapat juga akan lebih banyak dibandingkan sie/seksi yang lain.
Tugas Sie Acara Untuk Event Buka Bersama

Untuk menjadi sie acara, perlu kamu perhatikan beberapa poin, namun untuk acara buka bersama yang diisi dengan maulidhatul khasanah, kurang lebih poin yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

1. Target Maulidhatul Khasanah
Dengan menentukan target, kita bisa menentukan siapa saja peserta yang akan menjadi sasaran kita dalam acara tersebut. Dengan demikian, kita akan bisa menentukan tema yang akan dibawakan.

2. Tema
Tema yang dipilih dalam materi Maulidhatul Khasanah, harus sesuai dengan target yang kita tentukan sebelumnya. Semisal target kita adalah anak-anak kecil dibawah 15 tahun, tentu jika tema yang diambil adalah "Memelihara Identitas Islam untuk Generasi Milenial" tentu akan tidak pas jika materi seperti ini disampaikan kepada anak-anak. Alangkah baiknya diganti dengan tema lain yang sesuai, misalnya "Amalan-amalan yang Meningkatkan Ganjaran Puasa".

3. Tempat
Tempat juga harus ditentukan, tentunya melihat dari target yang kita pilih sebelumnya. Misalnya kita hanya menargetkan anak-anak sekolah saja, mungkin jika acara dilaksanakan di dalam masjid, mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun, bagaimana jika targetnya adalah orang-orang satu kampung? Atau bahkan satu daerah? Tentu kurang afdol jika dilaksanakan di dalam masjid, oleh karena itu penyesuaian tempat berdasarkan target sangat diperlukan.

4. Pengisi Acara
Pengisi acara juga harus disesuaikan dengan target. Semisal, saat memilih MC, jangan sampai ketika pesertanya adalah anak-anak, namun memilih MC yang tidak bisa melakukan MC non-formal, tentu kita akan merasakan acara yang begitu garing.

Dari pengalaman yang telah saya alami, mungkin masih 4 poin yang masih saya ketahui, jika kamu menemukan poin yang lain, silahkan tulis di kolom komentar.

Apa saja tugas sie acara?
Tugas sie acara tentu sangat banyak, tergantung juga dari acara yang akan dilaksanakan. Jika sie acara dalam acara buka bersama dengan diisi Maulidhatul Khasanah, kurang lebih tugas Sie Acara sebagai berikut :
1. Menentukan Kapan Acara Dilaksanakan
Ketika sudah mendapati amanat dari dari hasil rapat besar, tentu terkadang hasil yang didapat hanyalah jenis acara yang akan dilaksanakan. Tanpa mengetahui kapan acara tersebut dilaksanakan. Nah, di sinilah tugas sie acara untuk menentukan kapan acara dilaksanakan, dan nanti koordinator (ketua) sie acara dapat melaporkan kepada ketua pelaksana untuk dibicarakan lagi di rapat selanjutnya.

2. Menentukan Di mana Acara Dilaksanakan
Selain waktu pelaksanaan, sie acara juga bisa menentukan tempat pelaksanaan acara, tentu menyesuaikan target seperti yang telah saya singgung sebelumnya.

3. Menentukan Tema
Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa tema yang dipilih harus sesuai dengan target pelaksanaan acara.

4. Berkoordinasi Dengan Sie-Sie yang Lain
Tidak hanya menentukan-menentukan, tapi juga sebagai sie acara pasti sangat perlu berkoordinasi dengan sie-sie yang lain, jika masih belum jelas silahkan baca lagi di bagian atas.

5. Menentukan Pengisi Acara
Pengisi acara bisa menjadi tolak ukur meriah atau tidaknya suatu acara, jika pengisi acara sesuai dan pas dengan acara yang kita bentuk, maka tentu akan menjadikan acara bisa berjalan dengan maksimal.

6. Menyiapkan Pertanyaan di Sesi Tanya Jawab
Di dalam Maulidhatul Khasanah biasanya akan ada sesi tanya jawab, jika ada yang masih belum jelas dengan apa yang disampaikan oleh pemateri, para perserta bisa membuat suatu pertanyaan.

Namun, terkadang jika peserta adalah anak-anak dan bingung untuk mengajukan pertanyaan, sie acara harus bertindak untuk mengajak atau memilih salah satu anak untuk bertanya sesuai dengan pertanyaan yang telah di buat oleh sie acara, dengan demikian, sesi tanya jawab akan tetap berjalan dengan maksimal.

Kalau tidak gitu, biasanya peserta malu untuk bertanya, nah di situ sie acara bisa menjadi penghubung antara anak-anak (peserta) dengan pemateri, jadi nanti pertanyaan dibuat oleh anak-anak sendiri, sedangkan sie acara yang menanyakan, biasanya sie acara yang bertindak seperti ini adalah MC.

7. Memandu Acara
Semisal acara hendak dimulai, maka para peserta bisa di ajak untuk memenuhi tempat duduk di depan, selain itu jika acara maulidhatul khasanah sudah terlaksana sie acara bisa mengarahkan anak-anak (peserta) untuk duduk berdampingan atau melingkar agar pembagian takjil bisa dibagikan secara tertib.

Dari tujuh tugas-tugas sie acara, kurang lebih itu yang saya dapatkan dari suatu organisasi remaja masjid, jika kamu juga memiliki pendapat lain mengenai tugas-tugas sie acara, silahkan kamu tulis di kolom komentar. Ingat, ilmu itu harus di bagikan!

Mungkin itulah semua yang saya ketahui tentang tugas sie acara untuk event buka bersama dengan diisi maulidhatul khasanah, silahkan berkomentar jika kamu mempunyai pendapat.

Apa yang saya tulis hanya berdasarkan pengalaman pribadi, semoga saja bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada salah dalam penulisan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel