5 Tips Saat Tidak Tau Jalan Pulang agar Bisa Balik ke Rumah

5 Tips Saat Tidak Tau Jalan Pulang agar Bisa Balik ke Rumah - Halo sahabat PenaSharing, kali ini kamu bakalan baca-baca sedikit tips nih buat kamu yang tersesat atau tidak tau jalan pulang saat berada di suatu tempat.

Entah saat main ke rumah temen yang jauh di sana, travelling ataupun hanya sekedar rea reo cari angin.

Jalan-jalan emang asik sih apalagi bareng sama temen-temen ataupun seseorang yang kamu sukai.

Namun tidak semua orang yang 100% menikmati jalan-jalan mereka tanpa adanya halangan sedikitpun.

Saat jalan-jalan tentu ada banyak sekali kemungkinan-kemungkinan masalah yang akan terjadi, entah itu ban bocor, dompet ketinggalan, lupa ga bawa surat-surat kendaraan bermotor atau yang paling sering terjadi adalah tersesat di jalan hehe.

Apalagi jika kamu jalan-jalan ke tempat yang sebelumnya belum kamu explore.

5 Tips Saat Tidak Tau Jalan Pulang agar Bisa Balik ke Rumah

Nah, oleh karena itu, buat kamu yang mau jalan-jalan ke suatu tempat dan mengalami tersesat sehingga tidak tau jalan pulang, tenang aja, kali ini PenaSharing bakalan bagi sedikit tips buat kamu agar kamu bisa selamat sampai tujuan dengan selamat. :)

Yuk disimak baik-baik..

Tips Saat Tidak Tau Jalan Pulang versi PenaSharing

1. Jangan andalkan Peta Online

Wah, jangan kaget ya sama tips yang pertama ini hehe.

Memang dari kebanyakan orang menggunakan peta online, seperti driver ojek online yang sering kita jumpai misalnya.

Akan tetapi, terkadang jika kamu terlalu menggunakan peta online, maka akan ada beberapa kendala yang akan kamu rasakan di tengah perjalanan pulang, dan hal ini malah akan menambah masalahmu bukan?

Kira-kira apa aja sih kendala-kendala yang terjadi jika kamu terlalu mengandalkan Peta Online?
  • Saat kamu berada di daerah yang susah sinyal, terkadang terdapat keterlambatan/delay pada navigasi peta. Misalnya sudah saatnya belok ke arah kiri, namun dalam peta masih belum menunjukkan tempatmu saat ini yang sebenarnya, jadi di dalam peta masih menunjukkan bahwa posisimu masih tertinggal di belakang titik lokasimu.
  • Banyak juga yang malah muter-meter tersesat akibat peta online yang kadang-kadang menjengkelkan. Entah apa penyebabnya, terkadang salah satu penyebabnya juga akibat jalan buntu yang masih belum bisa dideteksi oleh peta online.
  • Masih ingin mengandalkan peta online? Lebih baik jangan deh.. boleh-boleh aja sih kalo kita pengen pake peta online, di sini pun PenaSharing juga tidak bermaksud melarang kamu pake peta online, hanya saja sebaiknya jangan terlalu mengandalkannya.

2. Tanya-tanya Orang di Sekitar

Jika sewaktu-waktu ada kendala saat kamu menggunakan peta online, PenaSharing punya solusinya, yakni dengan bertanya kepada orang-orang di sekitar.

Dengan demikian, jika kamu tidak yakin dengan arah jalan yang ditunjukkan pada peta online, kamu akan mendapat pencerahan dari orang-orang di sekitar yang tentunya akan tau jalan yang ingin kamu lalui menuju rumah tercinta.

Tapi tetep gunakan etika yang baik saat bertanya dengan orang lain, walaupun usianya lebih muda daripada kamu.

Ingat, bahwasannya kamu sedang berada di daerah orang, bukan daerah kamu sendiri. Kalau ada apa-apa tentu kamu membutuhkan pertolongan mereka bukan?

3. Mengingat-ngingat Medan

Jika cara kesatu dan kedua bisa kamu gunakan saat benar-benar berada di daerah yang belum kamu explore, maka cara ketiga ini akan berguna ketika kamu sudah hampir mendekati daerah rumahmu.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan mengingat-ngingat kembali arah mana yang menjadi jalan keberangkatanmu.

Dengan demikian akan lebih memudahkan kamu untuk lebih cepat sampai ke rumah. Jika masih ragu juga tidak ada salahnya ya kalau kamu menggunakan cara ini plus cara yang kedua.

4. Hubungi Saudara / Teman di Daerah Tersebut

Saat kamu tersesat di malam hari, alangkah baiknya jika kamu menghubungi saudara atau teman yang berada di daerah tersebut, barangkali mereka bisa menampungmu untuk sementara waktu, dan keesokan harinya baru kamu bisa melanjutkan perjalanan pulang dengan aman.

5. Berhenti di Tempat Umum yang Ramai

Ingat, seperti yang kita ketahui bahwasannya ketika malam hari memang rawan sekali perampong, begal dan sebagainya.

Nah, jika cara keempat memang tidak bisa mengatasi, kamu masih bisa berhenti atau beristirahat di tempat-tempat umum yang sekiranya nyaman.

Seperti warung kopi yang nggak remang-remang dan ramai pengunjung serta buka 24 jam tentunya, karena percuma saja jika kamu berhenti ke warung kopi yang tidak open selama 24 jam, selain warung kopi bisa juga tempat-tempat lain yang bisa kalian temukan di sana.

Naah, itu tadi sedikit tips buat kamu ketika tidak tau jalan pulang, ataupun ga salah juga jika kamu jadikan tips ini sebagai bekal saat mau pergi jalan-jalan ke suatu tempat.

Kamu punya tips-tips lagi, dan mau dipos di artikel ini? Yuk silahkan tulis di kolom komentar, agar pembaca yang lain juga bisa merasakan manfaat dari pengetahuan yang kamu miliki..

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel